Dalam Rangka Meriahkan HUT RI Ke-78, LMK Kelurahan Sunter Agung Bekerjasama dengan Sahabat PMI Jakarta Utara Gelar Donor Darah

Jakarta Utara,Targethukim.com-Lembaga Musyawarah Kelurahan (LMK) Kelurahan Sunter Agung bekerjasama dengan Sahabat Palang Merah Indonesia (PMI) menggelar kegiatan donor darah di Kantor Kelurahan Sunter Agung Jl. Sunter Agung Utara, Blok G No 2 RT/RW/014/013, Sunter Agung, Jakarta Utara. Kamis ( 24/8/2023).

Selain donor darah, ada juga cek gula darah dan cek kesehatan mata secara gratis dan lainnya.

Hadir dalam acara tersebut diantaranya:Ahmad Zainudin sebagai ketua LMK Kelurahan Sunter Agung yang juga sebagai bacaleg dari Parta PKS untuk Dapil DKI Jakarta 3, dengan nomor urut 2, yaitu mencakup wilayah Kecamatan Tanjung Priuk, Pademangan Penjaringan (Taparing) , Lurah Sunter Agung, Danang Wijanarka, Wakil ketua Sahabat Palang Merah Indonesia (SPMI) Jakarta Utara, Cepi, Kepala Markas PMI Jakarta Utara, Nur Hasanudin alias, Acang dan tim Sahabat PMI Jakut.

“Alhamdulillah pagi hari ini antusias para pendonor di Kelurahan Sunter Agung sangat luar biasa, pagi-pagi sudah antri untuk mendonorkan darahnya yang di selenggarakan oleh LMK dan bekerja sama dengan sahabat PMI dalam rangka memeriahkan HUT RI yang ke-78, sekaligus sebagai bentuk empati LMK dengan kemanusiaan. Dimana untuk saat ini bagaimana Bank darah bisa terpenuhi, dengan adanya kepedulian warga terhadap kemanusiaan khususnya tentang kebutuhan darah.”tutur Ahmad Zainudin di depan para awak media.

Sandro Maradoni, anggota LMK dari RW 13, Kelurahan Sunter Agung menjelaskan,

“Menurut saya, kegiatan ini sangat bagus sekali, karena selain daripada donor darah ada juga beberapa fasilitas untuk pemeriksaan kesehatan, seperti cek Gula darah, cek kesehatan mata secara gratis, yang tentunya sangat berguna serta bermanfaat khususnya warga kelurahan Sunter Agung, dan saya berharap acara ini berkelanjutan agar bisa bermanfaat untuk masyarakat banyak,” ujarnya.

S. Tarigan, pengurus PMI DKI Jakarta bagian Kemitraan Hubungan Antar Lembaga yang juga hadir, mengatakan, “Saya tugasnya mensosialisasikan, karena perlu kita ketahui, dalam tubuh manusia ada 7 liter darah, begitu diambil 350cc dia akan tumbuh sel baru, makanya dengan mendonorkan darah kita, kita akan semakin sehat orang lain selamat, itu yang ke 1,” jelasnya.

Yang ke 2, sambungnya, bagi orang yang tidak pernah donor darah, menurut medis dua bulan sekali sel darah kita ada yang mati, nah kalau darah kita tidak dikeluarkan, nanti ketika kita di usia 50/60 tahun, mulai muncul penyakit, ujung-ujungnya kena kanker, makanya kita diwajibkan untuk mendonorkan darah kita. Karena setetes darahmu bisa menyelamatkan manusia.

“Saya menghimbau kepada masyarakat ayo donorkan darah kita untuk membantu saudara-saudara kita, karena kita butuh stok darah untuk yang cuci darah, Leukimia, ibu- ibu yang mau melahirkan Caesar, karena dokter tidak berani mengambil tindakan kalau tidak ada stok darah,” tutup S.Tarigan.

Lurah Sunter Agung, Danang Wijanarka mengucapkan banyak terimakasih kepada LMK dan Sahabat PMI atas kerjasamanya, dan menghimbau kepada warganya untuk bersedekah darah dan semoga bermanfaat bagi yang membutuhkannya.

Nur Hasannudin selaku kepala Markas PMI Kota Jakarta Utara mengatakan, kegiatan program sahabat PMI ini untuk yang ke 14 kali, keliling di setiap kelurahan se-Jakarta Utara, dan PMI selalu memberikan dukungan full kepada kelompok-kelompok masyarakat yang ingin bersama-sama PMI dalam rangka menjaga ketersediaan darah di Jakarta Utara. Selain bingkisan para pendonor juga mendapatkan paket sembako, yang mana paket sembako itu di berikan oleh salah satu tokoh masyarakat selaku ketua BPKNPI yang memberikan bantuan sebagai supporting kepada kegiatan yang sangat luar biasa ini.

“Harapan saya kedepannya, supaya masyarakat muncul kesadarannya tentang pentingnya donor darah, karena saudara-saudara kita yang dibalik tembok Rumah Sakit tangisannya tidak terdengar oleh kita, padahal mereka sangat berharap kita mampu menyambungkan ikhtiar mereka dalam rangka melanjutkan kehidupan mereka di masa depan,” harap Nur Hasannudin.

Heny, salah seorang warga RT/RW/ 15/15 mengucapkan banyak terimakasih dengan diadakannya donor darah di wilayah kami, karena dengan adanya kegiatan ini kami dalam per 3 bulan bisa mendonorkan darah kami.

Di tempat terpisah ketua SPMI Jakarta Utara, Suroto mengapresiasi.giat LMK Sunter.Agung sebagai wujud kepedulian akan kemanusiaan.

“Saya mengapresiasi LMK Sunter Agung atas dilaksanakannya hari ini, donor darah yang menggandeng Sahabat PMI Jakarta Utara, ini adalah salah satu wujud kepedulian sahabat-sahabat LMK kelurahan Sunter Agung terhadap kemanusiaan,” ungkapnya.

“Dan Alhamdulillah, acara ini berlangsung sukses dengan sambutan yang antusias dari warga Sunter Agung dimana berhasil berdonor sejumlah 99 orang dari yang mendaftar 120 orang,”pungkas Suroto.

(red/Maya)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *