Dalam menjalankan tugas, wartawan Target Hukum tidak boleh menerima bingkisan dalam bentuk apapun

DANDIM 1709/YAWA BEKALI MAHASISWA BARU DENGAN WAWASAN KEBANGSAAN

Yapen,Targethukum.com- Dalam rangka mewujudkan generasi penerus bangsa yang berkarakter dan memiliki inovasi guna kemajuan bangsa dan negara, Komandan Kodim (Dandim) 1709/Yawa Letkol Inf Leon Pangaribuan, S.H., memberikan pembekalan materi Pendidikan Kewarga Negaraan dan Bela Negara kepada mahasiswa baru Program studi Diploma III Keperawatan Kepulauan Yapen, Rabu (21/07/2021).

Kegiatan yang diselenggarakan oleh Kementerian RI Badan Pengembangan dan Pemberdayaan Sumber Daya Manusia Kesehatan Poli Teknik Kesehatan Kemenkes Jayapura ini, merupakan rangkaian dari pengenalan kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) yang diikuti oleh 43 orang mahasiswa baru.

Pada kesempatan ini Dandim menjelaskan tentang Bela Negara yang merupakan sikap dan perilaku warga negara, yang dijiwai oleh kecintaan kepada NKRI yang berdasarkan Pancasila dan UUD 1945, dalam menjamin kelangsungan hidup bangsa dan negara.

“Dalam Bela Negara, terdapat 5 nilai dasar yang terkandung didalamnya, yakni cinta tanah air, kesadaran berbangsa dan bernegara, meyakini Pancasila sebagai ideologi negara, rela berkorban untuk bangsa dan negara serta memiliki kemampuan awal Bela Negara,” terangnya.

Dandim juga menyampaikan bahwa wawasan kebangsaan sangat penting bagi mahasiswa baru, agar dapat mengerti tentang sejarah, silsilah dan adat budaya yang ada di negara Indonesia. Sehingga, kedepannya bisa menjaga dan meneruskan serta memelihara nilai-nilai yang terkandung dalam sejarah atau perjuangan bangsa Indonesia.

“Melalui pembekalan wawasan kebangsaan ini kita berharap agar mahasiswa merasa memiliki dan terpanggil untuk bela negara, serta terbentuk karakter pribadi dirinya untuk mengabdikan diri terhadap bangsa dan negara melalui keperawatan dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat yang membutuhkan,” tutupnya.

 

Rudi*

About Redaksi Target Hukum

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

WUJUDKAN KEMANUNGGALAN DENGAN RAKYAT, BABINSA KORAMIL 1703-04/ARADIDE MELAKSANAKAN KARYABAKTI

*Ekadide*,Targethukum.com – Dalam upaya mewujudkan kemanunggalan TNI dengan rakyat, Babinsa Koramil 1703-04/Aradide melaksanakan karyabakti membantu ...