Proses Pembelajaran Jurnalistik oleh PPWI

Jakarta,Targethukum.com

Jakarta,Sabtu 9 November Tahun 2023 DPP PPWI  melaksanakan Pelatihan dasar sebagai proses terencana untuk memodifikasi sikap atau perilaku pengetahuan, keterampilan melalui pengalaman belajar jurnalistik bagi para jurnalis.
Para jurnalis mengikuti zoom meeting ini untuk mencapai tujuan yang efektif.
“ungkap Wilson Lalangke Ketum PPWI sebagai pembekal materi.

Dalam setiap kegiatan atau berbagai kegiatan. Dalam hal pekerjaan, tujuan diklat adalah untuk mengembangkan kemampuan individu dan untuk memenuhi kebutuhan tenaga kerja saat ini dan masa depan dalam dunia jurnalistik.

Untuk mencapai tujuan tersebut, trainer berusaha memberikan pengetahuan, ketrampilan dan sikap yang diperlukan untuk melakukan tugas-tugas terkait pekerjaan.
Dalam proses pembelajaran, pendidik memberikan bantuan kepada peserta didik agar peserta didik memperoleh ilmu dan pengetahuan, penguasaan kemahiran serta pembentukan sikap dan kepercayaan pada peserta didik.

Proses belajar menjadi satu sistem dalam pembelajaran yang tidak terpisahkan, “tegasnya

Diklat adalah sebuah sistem yang terbuka. Pada dasarnya sebuah sistem diartikan sebagai suatu unit yang saling terhubung dengan unit lainnya, di mana satu unit dengan unit lainnya tidak dapat dipisahkan demi terwujudnya suatu tujuan.

Sedangkan sistem terbuka berarti sistem tersebut berinteraksi dengan lingkungan. Wilson pendidikan dengan sistem terbuka dapat disebut juga dengan self-managed learning atau proses belajar yang dikelola sendiri.
Tiga komponen yang saling berinteraksi, yaitu; training, trainer, dan peserta.

Sebagai jurnalis, lanjut Wilson, harus memiliki kemampuan menulis membaca menganalisa mengevaluasi kejadia kejadian dilapangan sebagai bahan membuat berita dengan dasar apa yang dilihat didengar dan dibicarakan dalam studi kasus dan lainnya.
“Semoga apa yang saya berikan, bisa berguna, bermanfaat dan mampu menjadi acuan kita semua,”pungkasnya 


Red

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *