Dalam menjalankan tugas, wartawan Target Hukum tidak boleh menerima bingkisan dalam bentuk apapun

Sanah, TKW Asal Desa Klutuk Mekar Baru Dikabarkan Meninggal di Madinah

TANGERANG,- Target Hukum

Seorang Tenaga Kerja Wanita (TKW) Desa Klutuk, Kec. Mekar Baru, Kab. Tangerang Sanah (21) dikabarkan meninggal dunia di Madiah, Arab Saudi.

Kabar itu diterima oleh keluarga dari majikan Sanah di Arab Saudi pada tanggal 27 Desember 2020. Tapi, pasca kabar kematian itu hingga kini, tidak ada kejelasan dan informasi lanjutan.

Ditemui di rumahnya, ayah Sanah yakni Saji dan ibunya Ayanah tak kuasa menahan kesedihan.

Sambil meneteskan air mata, Saji menceritakan bahwa sejak berangkat menjadi pekerja migran bulan April 2019, dia dan istrinya hanya bisa empat kali komunikasi dengan Sanah.

“Empat kali komunikasi itu pada tahun 2019. Sejak tahun 2020 hingga saat ini tidak bisa komunikasi,” kata sang ibu, Ayanah.

Bahkan, kabar mengejutkan datang pada bulan Desember 2020. Pada tanggal 27 Desember 2020, pihak keluarga mendapat kabar dari majikan Sanah bahwa putrinya itu telah meninggal dunia.

Atas musibah ini, pihak keluarga berulangkali berkomunikasi dengan Sponsor pemberangkatan yakni H. Azis untuk mendapat kejelasan kabar tersebut. Namun pihak sponsor justru menutup diri enggan menemui,” tambah Saji.

Kepala Desa Klutuk, H. Maki juga mengatakan hal senada. Pada Jumat (29/1/2021), dia bersama keluarga Sanah mendatangi rumah sponsor H. Azis di Carenang. Tapi hasilnya nihil, sebab sponsor itu tak bisa ditemui.

“Atas musibah yang menimpa warga saya, maka saya hanya ingin meminta pertanggungjawaban pihak Sponsor dan pihak-pihak terkait yang memberangkatkan Saudari Sanah,” ungkap H. Maki.

Langkah lain yang telah ditempuh pihak Pemdes Klutuk yakni menyampaikan hal ini kepada Dinas Tenaga Kerja Kab. Tangerang. “Pihak Disnaker mengabarkan kepada saya bahwa Saudari Sanah sudah meninggal dunia. Namun sejauh ini belum ada perkembangan lain,” ujarnya.

Kuasa keluarga Saji yakni Saepudin juga akan menuntut pertanggungjawaban pihak Sponsor atas masalah ini. “Saya atas nama keluarga juga meminta jika memang benar Sanah sudah meninggal dunia, tolong kami dikirimi bukti-bukti dokumen, foto dan dimana keberadaan jenazahnya sekarang,” tegas Saepudin.

Di sisi lain, dia juga menegaskan bahwa pihak keluarga meminta agar jenazah Sanah dipulangkan ke tanah air untuk dimakamkan di kampung halaman, Desa Klutuk Mekar Baru.

“Kami juga akan tetap menempuh jalur hukum atas peristiwa ini. Karena kami yakin keberangkatan Sanah dilakukan secara nonprosedural,” tegasnya.

*Rudi

About Redaksi Target Hukum

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Perwakilan Ombudsman Apresiasi Kejati Kalbar Ungkap Kasus Korupsi Rp1,8 Miliar

PONTIANAK, – |www.targethukum.com Perwakilan Ombudsman Provinsi Kalimantan Barat berikan apresiasi atas kinerja Kejaksaan Tinggi Kalimantan ...